10 Tips Membeli Mobil Baru

Asiandrive.web.id – Membeli mobil baru memang menawarkan beragam keuntungan. Model yang ditawarkan pun sangat banyak. Namun, terlalu banyak model justru membingungkan.

Tak jarang orang merasa salah atau menyesal karena meminang tunggangan yang tak sesuai. Nah, kali ini General Motors Indonesia, Agen Pemegang Merek (APM) Chevrolet di Tanah Air, berbagi tips membeli mobil.

1. Sesuaikan Kebutuhan

Ketika ingin membeli mobil, pastikan jenis seperti apa yang dibutuhkan atau menjadi prioritas. Saat ini cukup banyak model kendaraan roda empat, mulai dari small car, MPV (Multi Purpose Vehicle) sampai SUV (Sport Utility Vehicle).

2. Buat daftar checklist

Langkah ini penting agar dapat menjadi panduan ketika melakukan test drive, sehingga Anda bisa dengan mudah membandingkan tiap kendaraan. Daftarnya meliputi karakteristik unit, seperti akselerasi, kemudi, pengereman, warna eksterior, kenyamanan dalam kabin, hingga teknologi dan fitur yang tersedia.

3. Diskusikan dengan Kerabat Terdekat

Mendapatkan masukan dari kerabat terdekat, sangat membantu ketika membeli mobil baru. Mungkin saja mereka mengenal seseorang yang memiliki kendaraan sama dengan yang Anda inginkan. Dari situ Anda bisa mendapatkan masukan, guna memantapkan keputusan.

Baca Juga : Detail Lengkap Hyundai Grand i10

4. Pastikan Kenyamanannya

Sangat penting untuk memastikan kenyamanan kendaraan yang ingin Anda beli. Banyak faktor yang menjadi poin, seperti akses masuk ke dalam kabin, pengaturan jok mudah atau tidak, luas pandangan dari dalam dan lainnya. Makanya dibutuhkan pengalaman langsung melalui test drive.

5. Fitur Keamanan

Anda tentunya tak ingin mobil yang mudah dicuri bukan? Maka perhatikan fitur keamanannya. Beberapa model terbilang cukup berisiko karena tak memiliki sistem keamanan yang memadai. Walau Anda bisa menambahkan perangkat ini, tapi bukankah lebih simple jika sudah terintegrasi dari awal.

6. Periksa Fitur-Fitur

Fitur yang lengkap tentunya semakin memberikan nilai tambah. Namun, Anda perlu memperhatikan apakah fitur itu benar-benar dapat membantu saat mengemudi. Dan apakah Anda dapat dengan mudah mengoperasikannya? Cobalah periksa terlebih dahulu.

7. Pahami Kebutuhan Perawatan

Pemahaman karakteristik perawatan dapat dilakukan dengan berkonsultasi pada tenaga penjual atau membaca buku servis. Cara lain, mencari informasi dari orang yang telah memiliki mobil yang diinginkan. Manfaatkan forum-forum yang ada.

8. Rute Test Drive Bervariasi

Waktu melakukan test drive, cobalah mengambil rute beragam. Ini penting supaya Anda dapat mengetahui kemampuan kendaraan, seperti melaju di jalan raya, parkir di tempat sempit atau melewati trek kurang rata.

9. Sabar Dalam Mengambil Keputusan

Jangan membeli mobil pada hari yang sama saat Anda mengujinya. “Wangi mobil baru” dapat menggoda Anda untuk membuat keputusan impulsif, namun ada baiknya menunggu satu atau dua hari sebelum memutuskan.

10. Lakukan Perbandingan Harga

Harga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi pertimbangan Anda. Cobalah lakukan komparasi antarmodel yang diinginkan. Perhitungkan pula adanya promosi-promosi menarik yang biasanya banyak ditawarkan produsen mobil.