Beberapa Daftar Mobil Hybrid Yang Dapat Anda Miliki

Asiandrive.web.id – Presiden Joko “Jokowi” Widodo telah meneken Perpres tentang mobil listrik. Kebijakan ini seolah membuka pintu bagi datangnya era baru, yakni era mobil listrik. Hanya saja penetrasi mobil listrik di tanah air sepertinya masih membutuhkan waktu. Sebab, selain infrastruktur belum dibangun, harganya juga masih relatif jauh lebih mahal dari mobil konvensional.

Karena itu, sebelum era mobil listrik benar-benar datang, banyak pabrikan kemudian menghadirkan mobil hybrid. FYI: mobil hybrid adalah mobil konvensional yang dibekali motor listrik. Jadi konsumsi bahan bakarnya sangat irit. Banyak yang menyebut mobil hybrid adalah jembatan dari mobil konvensional menuju mobil listrik. Nah, berikut deretan mobil hybrid yang sudah bisa kamu beli saat ini.

1. Toyota Camry Hybrid
Siapa yang gak tahu Toyota Camry? Mobil ini dikenal sebagai mobil pejabat. Tapi tahu kah kamu jika Camry ternyata memiliki versi hybrid yakni Camry HV?

Yup, Camry HV datang dengan mesin A25A-FXS 4-silinder 2,5 liter dengan daya 178 PS pada 5.700 rpm dan torsi 230,6 Nm pada rentang 3.600 – 5.200 rpm.

Motor listrik menyuplai torsi tambahan sebesar 202 Nm, memastikan akselerasi lebih bertenaga dan pergerakan mobil lebih halus. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp 809,4 juta.

2. Toyota C-HR Hybrid
Camry HV bukan satu-satunya mobil hybrid dari Toyota. Sebab mereka masih punya C-HR hybrid. Ini adalah mobil hyrbid paling murah saat ini. Harganya hanya Rp 523 jutaan.

Mobil ini menggendong mesin 2ZR-FXE Atkinson Cycle 4-silinder 1,8 liter VVT-i yang mampu menyemburkan daya 100 PS. Motor listrik kemudian memberi ekstra tenaga 36 PS. Sedang torsi maksimal 142 Nm pada 4.000 rpm.

Baterai yang dipakai sama dengan Camry Hybrid, yaitu Nickel-metal Hydride (Ni-MH). Dengan baterai dan motor listrik, Toyota C-HR hybrid juga punya mode berkendara EV yang tanpa suara dan jauh lebih irit dalam masalah bahan bakarnya.

3. Mitsubishi Outlander PHEV
Mitsubishi Outlander PHEV diperkenalkan di ajang GIIAS 2019 Juli lalu. Harganya Rp 1,289 miliar. Agak mahal memang. Namun Outlander PHEV adalah pionir yang menawarkan plug-in hybrid. Karena yang lain cuma hybrid biasa.

Mobil ini dibekali dengan mesin utama Atkinson cycle 2,4 liter MIVEC berdaya 128 PS dan torsi 199 Nm pada 4.500 rpm. Outlander PHEV menggunakan gerak empat roda dengan siste S-AWC.

Outlander PHEV melaju menggunakan mode EV. Fleksibilitas memungkinkannya untuk berganti mode EV dan mesin konvensional saat butuh tenaga ekstra, maupun untuk mengisi baterai sambil berjalan. Canggih banget, kan?

Baca Juga : Supercar Dengan Spesifikasi Gahar Yang Jarang Diketahui

4. Mercedes-Benz E 350 EQ Boost AMG Line dan E 300 e EQ Power
Sedan bisnis E-Class Mercedes-Benz juga sudah dibenamkan teknologi hybrid. Ada dua model yang ditawarkan, yakni E 350 EQ Power dan E 300 e EQ Power.

Sementara E 300 e EQ Power, masuk kategori plug-in hybrid, lengkap dengan colokan listriknya. Pada mobil ini ditancapkan mesin 2,0 liter turbo berdaya 211 PS dan torsi 350 Nm, ditambah dari motor listrik dengan 122 PS dan torsi 440 Nm. Kalau digabung, torsi mencapai 700 Nm. Sangat mencukupi buat ukuran sedan E-Class.

Untuk harganya , E 350 AMG Line EQ Power dibanderol Rp 1,499 miliar dan E 300 e AMG Line Rp 1,899 miliar. Jangan kaget, karena keduanya belum dengan harga tersebut belum kena pajak.

5. BMW i8 Coupe dan Roadster
Tak mau kalah dengan pabrikan Jepang, BMW pun punya mobil hybrid yang telah beredar di pasaran, yakni BMW i8 coupe dan roadster. Versi Coupe dijual dengan harga Rp3,619 sementara versi roadster Rp3,989 miliar.

Mesinnya mempu memuntahkan tenaga hingga 234 PS dan torsi 320 Nm. Karena ini mobil hybrid maka ia ditambah motor listrik dengan output 145 PS dan torsi 250 Nm. Bekal performa itu di klaim dapat berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 4,6 detik!

Bagaimana? Apakah anda sudah dapat menentukan pilihan untuk meminang salah satu dari beberapa mobil hybrid di atas?