Ertiga Suzuki Sport AT Vs Xpander Ultimate Komparasi

asiandrive.web.id – Ertiga Suzuki Sport AT Vs Xpander Ultimate Komparasi, Persaingan di kelas LMPV semakin panas dengan hadirnya Suzuki Ertiga Sport yang dibanderol Rp 241 juta untuk transmisi manual hingga Rp 251,5 juta otomatik. Harga Ertiga Suzuki Sport AT kini menjadi LMPV termahal ketiga setelah All New Nissan Livina VL AT (Rp 261,9 juta) dan Mitsubishi Xpander Ultimate (Rp 260,9 juta).

Dilihat dari selisih harga, maka Suzuki Ertiga Sport AT jadi rival terdekat Mitsubishi Xpander Ultimate.

Seperti apa perbandingan antara keduanya?

Mesin dan transmisi

Seperti keluarga Suzuki Ertiga lainnya, Ertiga Suzuki Sport mengusung mesin K15B, DOHC, VVT 4 silinder berkapasitas 1.462 cc dengan tenaga sebesar 104,7 PS/6.000 rpm dan torsi puncak di angka 138 Nm/4.400 rpm. Kemampuan mesin ini diobrolkan dengan tipe transmisi matik tipe torque power 4 speed jadi andalannya.

Baca juga : Honda Envix Hanya Setengah Harga Civic Turbo

Dari kubu Tiga Berlian, Xpander dibekali mesin A491 bervolume 1.499 cc. Meski bervolume lebih besar, tapi torehan dayanya hanya diangka 104 PS/ 6.000 rpm dan torsi lebih besar di angka 141 Nm/4.000 rpm. Seperti halnya rival dari kubu berlogo S, Xpander menggunakan transmisi sejenis yakni 4 speed matik.

Ertiga unggul tipis dalam perolehan daya sedang Xpander lumayan menang banyak pada kailan torsi.

Dimensi

Dari dimensi, Xpander unggul tipis begitu pula dengan wheelbase. Sehingga di atas kertas Xpander memiliki kabin yang lebih lapang, yang disumbangkan dari wheelbase. Selisih 35mm mampu menyumbang legroom yang lebih lega di baris kedua.

Suzuki Ertiga Sport
Dimensi 4.470 mm x 1.735 mm x 1.690 mm
Wheelbase 2.740 mm

Mitsubishi Xpander Ultimate
Dimensi 4.475 mm x 1.750 mm x 1.700 mm
Wheelbase 2.775 mm

Fitur

Kini tampilan Ertiga Suzuki Sport kian sangar berkat penggunaan lampu LED dengan DRL, dan terdapat spoiler di atas kaca serta sudah dilengkapi defogger. Pengatur AC digital menjadi fitur interior yang tidak dimiliki oleh rivalnya. Fitur baru dari Ertiga Sport adalah Hill Hold Control (HHC) yang dijadikan fitur standar bagi Ertiga Sport.

Dari segi lampu utama Xpander harus akui keunggulan lampu Ertiga dan hanya menggunakan lampu Halogen sebagai standar. Di bagian interior, LMPV ini masih menggunakan AC tipe analog. Namun fitur keselamatan Emergency Stop Signal (ESS) yang absen dari sosok Ertiga.

Seperti halnya Ertiga, Xpander punya fitur yang serupa dengan HHC milik Suzuki yang disebut sebagai Hill Start Assist (HSA). Keduanya pun sudah memiliki fitur traction control yang disebut sebagai Electronic Stability Program (ESP) pada Suzuki dan Active Stability Control (ASC) pada Mitsubishi

Harga

Seperti disinggung sebelumnya, Ertiga Sport dibanderol lebih ringan dari Xpander Ultimate. Hanya saja Suzuki memberikan pilihan transmisi 5 speed manual yang dihargai Rp 9,5 juta lebih murah dibandingkan versi matiknya.

Untuk Xpander Ultimate, hanya tersedia versi matik saja.

  • Suzuki Ertiga Sport MT : Rp 241 juta
  • Suzuki Ertiga Sport AT : Rp 251,5 juta
  • Mitsubishi Xpander Ultimate : Rp 260,9 juta

Semua harga untuk OTR Jabodetabek.