Jenis Mobil Berdasarkan Desain Dan Fungsinya

Asiandrive.web.id – Sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah mobil di showroom mobil, perlu anda ketahui dulu sebelumnya bahwa memilih mobil itu seperti memilih pakaian. Ada mobil bagus dan murah tapi gak cocok sama selera dan suasana. Ada pula mobil yang sebenarnya gak sesuai selera tapi murah namun justru sangat fungsional. Karena itu ketahui dulu apa kebutuhan dan kondisi medan sebelum memutuskan membeli mobil. Berikut jenis mobil berdasarkan desain dan fungsinya.

1. Hatchback buat wara-wiri di jalanan perkotaan
Mobil ini mirip sedan tanpa bagasi belakang. Ciri khas mobil tipe ini adalah pintu bagasinya yang menyatu dengan kaca belakang.

Kalau kamu tinggal di perkotaan yang sebagian besar jalannya sudah beraspal, pilihan terbaik adalah mobil hatchback. Di tanah air ada beberapa hatchback yang bisa jadi pilihan, seperti Toyota Yaris, Honda Jazz, hingga Mazda 2.

Sebab bodinya yang kecil akan membuatmu leluasa melintasi jalanan perkotaan. Mobil ini juga asik buat diajak masuk ke gang-gang kecil.

Hanya saja, mobil ini hanya bisa mengangkut empat penumpang. Selain itu bagasinya juga relatif sempit. Tidak cocok untuk perjalanan jauh.

2. Sedan Untuk Pencari Kenyamanan
Kalau kamu mencari mobil yang nyaman, sedan adalah pilihannya. Suspensi yang empuk, kabin yang kedap, serta desainnya yang aerodinamis membuat sedan menjadi sangat nyaman dikendarai.

Selain itu sedan juga memancarkan aura kemewahan yang gak bisa kamu dapatkan dari mobil jenis lain. Tak mengherankan jika jenis mobil ini menjadi pilihan para bos.

Hanya saja, kapasitas sedan mengangkut penumpang sangat terbatas. Meski begitu, ruang bagasi sedan masih jauh lebih baik dari hatchback. Oya, mobil jenis sedan antara lain Toyota Camry, Honda Accord, dan Mercedes Benz S-Class.

3. SUV untuk melibas berbagai medan jalan
Jenis mobil lain adalah sport utility vehicle (SUV). Mobil ini sangat cocok untuk diajak melibas berbagai medan jalan.

Sebab ground clearance-nya yang tinggi membuatnya bisa melahap jalan berlubang. Biasanya SUV juga dibekali mesin besar yang asik buat diajak menerjang tanjakan.

So, kalau kamu suka berpetualang melewati berbagai medan jalan, SUV adalah pilihan terbaik.

Baca Juga : Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaru Asal Jerman

4. MPV untuk keluarga
Multi-purpose Vehicle (MPV) adalah mobil yang cocok untuk keluarga. Sebab mobil ini bisa membawa tujuh orang sekali jalan. Pas buat keluarga besar.

Tak mengherankan jika mobil jenis ini yang paling laku di tanah air. Contoh MPV adalah Toyota Avanza dan Mitsubishi Expander.

5. Coupe yang egois
Banyak yang menyebut coupe adalah mobil yang egois. Sebab coupe hanya memiliki dua pintu dan dua tempat duduk, meski ada beberapa coupe dengan empat pintu.

Mobil jenis ini biasanya didesain untuk mereka yang menyukai performa. Selain itu mobil-mobil coupe juga dibekali fitur-fitur mewah dan teknologi canggih. Karena itu harganya tak murah.

Bisa dibilang coupe adalah perkawinan antara kemewahan dan peforma. So, kalau kamu pecinta kemewahan dan performa dan kalau duit gak masalah buatmu, kamu bisa memilih mobil jenis ini.