Mobil Baru Proton Indonesia Dijual Mulai Rp 85 Juta

asiandrive.web.id – Mobil Baru Proton Indonesia Dijual Mulai Rp 85 Juta, Proton yang merupakan merek asal Malaysia makin tak terdengar gaungnya di Indonesia. Bahkan sempat berhembus kabar bahwa merek ini akan hengkang dari tanah air.

Menepis isu tersebut, pihak Proton pun menyatakan keterangannya memalui keteranga tertulis. “Sebagai pasar otomotif terbesar di kawasan ASEAN, Indonesia sangat penting bagi pertumbuhan penjualan Proton di masa depan. Perubahan bisnis kami tidak mengubah niat untuk mengekspor berbagai mobil baru kami, seperti Proton X70, dalam waktu dekat,” ujar Steven Xu, Director of International Sales for Proton.

Mobil terakhir yang diluncurkan Proton Indonesia sendiri adalah sebuah Low Hatchback bernama Iriz. Sayangnya Proton Iriz yang meluncur pada 2017 itu mendapati respon kurang memuaskan jika dilihat dari volume penjualannya.

Merek ini menyebut bahwa pihaknya tengah berusaha menunjuk sebuah distributor resmi yang baru di Indonesia demi menggairahkan kembali penjualannya.

Baca juga : Ertiga Suzuki Sport AT Vs Xpander Ultimate Komparasi

Saat ini semua mobil Proton yang dijual di dealer, selain Iriz, dibanderol sampai setengah harga aslinya. Langkah potongan harga ini disinyalir sebagai strategi cuci gudang untuk menggairahkan lagi kegiatan bisnis Proton di Indonesia.

Seperti yang diungkap oleh Andrea Dharmawan selaku Director Proton Edar Jabodetabek di sela peluncuran Iriz pada Sabtu (18/2) lalu menyebut bahwa ada potongan 40 persen untuk semua line up Proton. Ia memastikan semua mobil tersebut adalah stok lama tapi kondisinya benar-benar baru.

Contohnya untuk Proton Preve yang rakitan 2013, harga aslinya Rp 285 jutaan tapi setelah kena pangkas cuci gudang maka jadi Rp 180 juta. Bahkan untuk sedan Saga dengan tahun rakitan sama hanya ditawarkan seharga Rp 85 juta dari harga aslinya Rp 140 jutaan.

Pihak Proton Indonesia menyebut harga di atas sudah terasuk ongkos balik nama khusus untuk daerah Jabodetabek. Untuk daerah di luar Jabodetabek, diskon 40 persen tersebut hanya dalam keadaan off the road.

Dari penuturan Andrea, diketahui stok mobil Proton yang saat ini disimpan dealer, terutama yang belokasi di wilayah Jabodetabek ada sampai seratusan unit. Mobil-mobil buatan Malaysia itu merupakan rakitan tahun 2013 dan 2014.