VW Akan Menjadi Mobil Listrik

Asiandrive.web.idKabar gembira bagi pecinta mobil VW Kombi atau disebut juga Microbus di Indonesia. VW berkomitmen untuk membawa mobil barunya ke negara itu. Yang menarik adalah model listrik itu disebut VW ID. Buzz

Model van bertenaga listrik ini berpeluang masuk Indonesia pada tahun 2020 mendatang. Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motors Jonas Chendana selaku agen pemegang merek (APM) VW di Indonesia mengakui bahwa Indonesia memang mulai mengenal kendaraan listrik. Oleh karena itu wajah pertama dari VW yang akan berkenalan dengan Indonesia diperkirakan adalah VW ID. Buzz.

“VW itu Buzz, mudah-mudahan tahun depan ketika regulasi clear mereka bisa lihat,” ungkap Jonas saat ditemui di acara berbuka bersama di kawasan MT Haryono, Jakarta Selatan, Kamis (23/5/2019).

VW Buzz sendiri sudah mulai dipasarkan di sejumlah wilayah Eropa dan Amerika. Namun untuk Indonesia yang regulasinya belum jelas, Jonas enggan tergesa-gesa memboyong mobil listrik VW dari Jerman.

“Di sana (Eropa dan Amerika) sudah mulai jual. Kita tetap lanjutkan pembicaraan kita masuk dalam list supaya Indonesia juga masuk (quota mobil listrik). Karena mereka lihat infrastruktur dan regulasinya bagaimana,” papar Jonas.

Baca juga : Raih Penghargaan Aplikasi Sewa Mobil Online

Selain VW Id Buzz tidak menutup kemungkinan akan ada model listrik lain yang masuk ikut menemani.

“VW Buzz mungkin tahun depan. Atau mungkin jika ada produk baru lagi di akhir tahun akan ada temannya Buzz. Saya percaya elektrik akan menggantikan, tapi kita lihat lah ya,” tutup Jonas.

ID. Buzz menggunakan motor listrik yang ditanam di masing-masing axle-nya sehingga mobil merupakan mobil all wheel drive. Mobil memiliki tenaga 369 daya kuda dengan baterai 111 kWh yang disimpan di lantai mobil. Baterai ini cukup untuk melaju sampai 300 mil dan bisa dicas sampai 80 persen dalam 30 menit saja.

Selain ID. Buzz, VW juga memiliki mobil listrik konsep lainnya dalam keluarga ID, yakni I.D., I.D. VIZZION, dan I.D. CROZZ.