KIA Dan Jagoannya Seltos

KIA Dan Jagoannya Seltos

asiandrive.web.id Sebenarnya tidak hanya Seltos yang jadi andalan KIA,Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai KIA Dan Jagoannya Seltos. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai KIA Dan Jagoannya Seltos

Salah satu city car super mini milik produsen otomotif terkemuka asal Korea, All New Kia Picanto telah diperkenalkan dan dijual secara resmi di Indonesia sejak tahun 2011 lalu, kemudian penjualannya berhenti di tahun 2017. Kendaraan ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.250 cc yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 87 ps dengan torsi maksimal mencapai 120 Nm.Bahkan KIA mengklaim jika kendaraan ini mampu menembus jarak tempuh sejauh 19 km per liternya. Sejak awal peluncurannya, All New Kia Picanto disambut baik oleh masyarakat Indonesia. Namun pada medio 2013, penjualannya melambat setelah mendapatkan gempuran secara bertubi-tubi dari para rivalnya.Seperti para rivalnya, kendaraan ini mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum meminangnya, antara lain yaitu:

Kelebihan
Mempunyai kabin yang lapang di kelasnya
Irit konsumsi BBM
Fitur keselamatan lengkap
Suspensi lembut
Mesin responsif dan mempunyai tenaga besar di kelasnya

Kekurangan
Harga jual cukup rendah
Kaki-kaki kurang tangguh
Ukuran kaki belakang yang sempit
Spare part sulit dicari
Tidak mempunyai airbag, kecuali varian Platinum.

Service Record
Salah satu hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli All New Picanto bekas adalah service record-nya. Pilihlah kendaraan yang mempunyai track record perawatan di bengkel resmi KIA yang dapat Anda temukan dari buku servis pemilik sebelumnya.

Odometer
Pilih All New Picanto yang mempunyai angka odometer rendah. Sebab, meskipun mempunyai bahan bakar yang irit, gesit serta handling yang enak, tentunya odometer yang tinggi dapat membuat pelanggan Anda berpikir ulang untuk membelinya. Meskipun besaran angka odometer tidak selalu menjadi patokan untuk mengetahui kualitas mobil itu sendiri.

Kurang praktis
Berbeda dengan mobil berjenis city car modern lain yang banyak dilengkapi dengan laci, cup holder, dan beberapa storage lainnya, Mobil KIA Picanto ini hanya mempunyai dua cup holder yang diletakkan di bagian bawah tengah dasbornya.

Power back door
Tidak seperti para pesaingnya, All New Picanto mempunyai fitur power back door yang memudahkan para penggunanya untuk membuka pintu belakang dengan sangat mudah. Namun yang cukup disayangkan, fitur ini akan mengalami masalah seiring berjalannya waktu, dan sparepart-nya susah untuk didapatkan.

Seltos merupakan salah satu dari beberapa mobil terbaru yang meluncur di awal tahun 2020. Namun kini muncul Kia Seltos X-Line dengan konsep yang lebih gagah lagi serta performa mesin yang lebih tangguh di India pada gelaran Auto Expo 2020.Meski begitu, mobil ini masih berstatus konsep dan mempunyai penampilan yang berbeda dengan bentuk Kia Seltos yang sebelumnya telah diluncurkan di Indonesia. Sekilas, tampang Seltos X-Line nampak lebih agresif, terutama pada bagian eksteriornya. Bukan hanya itu saja, mobil ini juga telah dilengkapi dengan turbocharger pada bagian mesinnya sehingga membuat tenaganya menjadi lebih bertenaga.

Kendaraan ini juga telah dibalut dengan tambahan body kit khusus pada bagian depannya namun bagian grill-nya masih berbentuk tiger nose khas Kia yang dibalut dengan warna hitam sehingga terkesan garang. Bagian bumper depannya pun telah diperbarui dengan sedikit sentuhan warna oranye pada bagian sampingnya.Di bagian kap mesinnya, mobil ini telah diberikan lubang udara berwarna hitam dengan tulisan Seltos berhuruf tebal yang berada di bagian atas moncongnya.Pada bagian rodanya, Kia menyematkan mobil ini dengan velg multi-spoke berkelir hitam yang dipasangkan dengan ban off-road. Sedangkan pada bagian atapnya, Kia memberikan sentuhan warna hitam sehingga tampak lebih sporty dan garang.

Agar membedakan dengan Seltos biasa, Kia menempelkan logo X-Line pada bagian grill depan dan belakang mobil tersebut. Sedangkan untuk bagian belakangnya, Kia memberikan perubahan desain bumper terbaru yang diberi tambahan aksen warna oranye agar dapat selaras dengan bagian bumper depannya.Untuk performanya, mobil ini disematkan dengan mesin bensin berkapasitas 1.6 liter dengan turbocharged. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 172 Hp yang dialirkan melalui sistem transmisi otomatis dual-clutch dengan 7 percepatan.Sistem penggerak mobil terbaru ini telah menggunakan All Wheel Drive (AWD) yang dipasangkan dengan sistem penguncian diferensial pusat, padahal untuk Kia Seltos biasa tidak menggunakan sistem penggerak jenis ini. Hal ini tentu membuat kendaraan ini menjadi jauh lebih mumpuni saat melibas medan jalan yang tidak rata.

Baca Juga : Suzuki XL7 Dengan Harga 230 Jutaan

Di awal tahun 2020, PT Kreta Indo Artha (KIA) melakukan gebrakan dengan meluncurkan produk terbaru mereka, yaitu All New Kia Seltos. Melalui produk terbaru mereka ini, pabrikan asal Korea ini berharap agar mobil ini digandrungi oleh para generasi muda lantaran teknologi konsumen terkini yang disematkan di dalamnya.“Target kami untuk All New Kia Seltos adalah generasi muda yang dekat dan sangat paham mengenai teknologi. Sebab, mobil ini telah dilengkapi dengan berbagai teknologi dan perangkat keselamatan yang termutakhir saat ini,” ucap Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha, Andrew Nasuri

Spesifikasi KIA Seltos
Dilihat dari segi desainnya, KIA membuat Seltos terkesan modern dengan lekukan-lekukan yang dinamis. Aura modern semakin terasa berkat ground clearance-nya setinggi 183 mm yang dipadukan dengan velg berukuran ring 17 dan 15 inch. Selain itu, mobil ini juga telah dilengkapi dengan fitur menarik, yaitu electric sunroof dan lampu LED yang disematkan sebagai lampu utamanya, serta Fog Light.

Berlanjut ke bagian interiornya, Seltos menawarkan nuansa minimalis dengan bumbu detail di bagian terkecil untuk menunjukkan sisi premiumnya. Dengan konfigurasi 5 kursi termasuk pengendara, mobil ini menawarkan ruang kabin yang tergolong lega sehingga dapat memudahkan Anda untuk membawa banyak barang saat bepergian.Bagian dashboardnya pun dibuat asimetris dan lebih difokuskan untuk kenyamanan pengemudi. Jika Anda ingin mengetahui informasi berkendara, Seltos menampilkannya di dalam monitor MID berukuran 7 inch. Namun untuk layar hiburannya, KIA menyematkan monitor berukuran 8 inch yang telah dilengkapi dengan Auto Climate AC, USB Slot, power outlet 12v, hingga fitur wireless charging yang dapat digunakan untuk pengisian smartphone Anda.

Untuk performanya, Seltos disematkan dengan mesin Kappa 4-Silinder 1,4L (1.353 cc) dengan turbocharger. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 140 PS dengan torsi maksimum mencapai 242 Nm. Tenaga yang cukup besar tersebut nantinya akan disalurkan melalui roda depan (FWD) menggunakan transmisi otomatis berkopling ganda (DCT) dengan 7-percepatan.

Untuk pembakaran bahan bakarnya, Seltos menggunakan sistem Direct Injection yang berfungsi untuk mempersingkat laju bensin dengan cara menyemprotkan langsung ke piston. Sedangkan untuk menunjang tenaganya, Seltos telah dilengkapi dengan sistem Drive Mode Select, mulai dari Normal, Eco, Sport, Mud & Snow.KIA Seltos sendiri telah disematkan dengan struktur bodi baru dengan komponen Advanced High-Strength Steel yang diklaim mampu mereduksi getaran. Bukan hanya itu saja, KIA juga menyematkan Seltos dengan airbag sebanyak 6 titik.Fitur lain yang disematkan pada mobil ini antara lain yaitu, Electronic Stability Control, Hill Start Assist, Anti-lock Braking System, Brake-Force Assist Traction Control System, serta empat titik sensor parkir.