Merawat Mobil Matic Tetap Prima

Merawat Mobil Matic Tetap Prima

asiandrive.web.id Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Merawat Mobil Matic Tetap Prima. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Merawat Mobil Matic Tetap Prima

Merawat AC mobil itu sangat penting demi kenyamanan berkendara. Tidak cuma untuk mobil biasa mobil matic juga. Kendaraan bermotor seperti mobil memerlukan perawatan yang rutin supaya performanya tetap terjaga. Merawat mobil juga menjadi upaya ya untuk memberikan kenyamanan kepada diri kita sendiri selaku pemilik mobil yang tentu saja setiap hari menggunakannya untuk keperluan bekerja dan bepergian. banyak yang berpendapat bahwa melakukan servis rutin pada mobil hanya membuang-buang uang saja dan memandang hal itu sebagai sesuatu yang boros.

Nah, selanjutnya kita bahas khusus soal mobil matic ya.
Merawat mobil matic secara rutin merupakan upaya untuk menekan pengeluaran. misalnya saja kita tidak melakukan servis rutin seperti yang seharusnya lalu tiba-tiba terjadi kerusakan yang parah pada mobil kita tentu saja biaya yang kita keluarkan untuk memperbaiki mobil tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan kita melakukan servis rutin.

Mobil ada dua jenis yaitu mobil dengan transmisi manual dan transmisi otomatis. cara merawat kedua mobil ini hampir sama namun kali ini kita akan lebih dalam membahas tentang bagaimana cara melakukan perawatan terhadap mobil matic supaya tetap prima meskipun sudah tidak baru.

Perawatan sehari-hari Mobil Matic
Dimana pun Anda tinggal, seperti tadi kita sebut .Merawat mobil matic dapat dilakukan setiap hari dan juga setiap bulan. Khusus untuk perawatan AC mobil pastikan mobil Anda ditangani bengkel AC mobil terdekat. Perawatan sehari-hari lebih menekankan pada pemeriksaan yang ringan sedangkan untuk perawatan bulanan lebih menyeluruh.

Memanaskan mobil sebelum digunakan
merawat mobil bisa dimulai dari kebiasaan kita sehari-hari dalam menggunakan atau mengendarainya. Hal pertama yang harus kita lakukan setiap hari sebelum mengendarai mobil matic adalah melakukan pemanasan terlebih dahulu. Terutama saat kita akan berjalan jauh. Memanaskan mobil memang hal yang kecil dan dianggap sepele oleh sebagian besar orang. Jika pemanasan mesin tidak dilakukan secara rutin setiap akan menggunakan mobil, bersiaplah untuk mendapatkan kerusakan atau gangguan pada mesin suatu saat nanti.memanaskan mesin sebelum menggunakan BB ini bertujuan untuk mempersiapkan mesin mobil agar dapat bekerja secara maksimal saat kita kendarai. Istilah misalnya saat dibawa perjalanan yang jauh menempuh ratusan kilometer. selalu penarikan mobil dalam posisi yang netral hindari menggunakan mobil ketika dalam kondisi transmisi parkir.

Menggunakan persneling sesuai dengan fungsinya
Hal yang perlu diperhatikan ketika kita mengendarai mobil matic adalah menggunakan transmisi atau gigi yang ada sesuai dengan fungsinya masing-masing. gunakan hanya gigi ketika kita akan memarkirkan kendaraan, hindari menggunakan gigi p ketika kita hanya ingin berhenti sebentar misalnya ketika sedang berhenti di lampu merah. ketika mobil berhenti sebaiknya pindahkan gigi ke posisi netral hindari menggunakan gigi D ketika mobil berhenti untuk menghindari kerusakan pada persneling. Hindari pula untuk memindahkan tuas gigi ketika mobil belum benar-benar berhenti.

Memperhatikan kinerja mobil
kita menggunakan mobil setiap hari untuk bekerja maupun bepergian dari satu tempat ke tempat lain. terkadang kita juga menggunakan mobil untuk berjalan jauh misalnya untuk melakukan perjalanan ke luar kota. Setiap hari juga kita sebaiknya memperhatikan kinerja mobil kita. memastikan bahwa mobil kita masih berfungsi dan berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. kerusakan sekecil apapun dapat kita sadari dengan segera apabila kita benar-benar memperhatikan kinerja mobil milik kita sendiri. dengan memperhatikan kinerja ini kita juga menjadi lebih peka terhadap mobil kita.

Merawat mobil matic harus telaten termasuk untuk AC mobilnya. Buat yang tinggal di daerah, jangan sampai lewatkan 1 bulan pun untuk pengecekan interior mobil ke bengkel AC mobil terdekat. Setiap bulan kita wajib memeriksakan kondisi kendaraan kita ke bengkel resmi atau ke bengkel yang sudah biasa menangani mobil matic. berikut ini perawatan rutin bulanan yang sebaiknya kita lakukan terhadap mobil matic yang kita punya.

Service rutin mobil
setiap bulan kita dianjurkan untuk melakukan pengecekan pada mobil di bengkel bengkel resmi yang telah ditunjuk oleh perusahaan yang memproduksi mobil kita. Hal ini bertujuan untuk mengecek Apakah ada komponen yang rusak atau fungsinya sudah berkurang. Jika terjadi kerusakan seringan apapun bisa ditangani dengan segera. Jadi kita tidak perlu menunggu mobil benar-benar rusak untuk melakukan perbaikan atau untuk merawat mobil matic.

Mengganti oli mesin
Oli pada kendaraan bermotor berguna sebagai pelumas komponen-komponen di dalam mesin. pelumas ini bertujuan untuk mengurangi gesekan antar komponen yang dapat mengakibatkan komponen menjadi halus dan fungsinya terganggu. dengan mengganti oli mesin secara berkala kita bisa mendapatkan kenyamanan dalam berkendara seperti kendaraan masih baru. siapa sih yang tidak ingin merasakan sensasi kendaraan baru walaupun usia kendaraan sudah tua?

Baca Juga : Merawat Mobil Matic Tetap Prima

Mengganti oli transmisi
pada mobil terdapat beberapa jenis oli selain oli mesin yaitu salah satunya adalah oli transmisi. seperti Namanya, oli ini digunakan untuk melumasi komponen komponen yang berguna untuk melakukan transmisi otomatis. pergantian oli ini harus dilakukan sebagai salah satu tahapan dalam merawat mobil matic untuk menjaga supaya komponen transmisi otomatis tetap bekerja dengan baik tanpa adanya gesekan antar komponen yang dapat menyebabkan kerusakan. waktu yang dianjurkan untuk mengganti oli transmisi adalah setiap mobil mencapai jarak 25.000 km.pergantian oli transmisi ini sangat mempengaruhi performa mobil ketika dibawa berjalan terutama saat perjalanan jauh. Jika oli transmisi, perpindahan gigi pun menjadi lebih halus dan membuat kita nyaman selama berkendara.

Melakukan pengujian jalan
pengujian jalan ini dilakukan untuk mengetahui apakah mobil masih berfungsi dengan baik dan berjalan dengan mulus seperti biasanya. sebagai pemilik mobil kita wajib mengetahui bagaimana mobil kita ketika sedang dalam keadaan baik. sehingga saat terjadi gangguan seringan apapun kita akan cepat menyadarinya dan segera melakukan pemeriksaan di bengkel. Anda bisa melakukan pengujian jalan ini secara rutin misalnya satu bulan sekali atau dua minggu sekali untuk memastikan bahwa mobil masih bekerja dengan baik. Saat terjadi kerusakan kita akan cepat menyadari apabila kita melakukan pengujian Jalan secara rutin.

Jangan menunggu mobil matic rusak
Kesalahan yang kerap kali dilakukan oleh pemilik mobil matic adalah tidak melakukan perawatan rutin seperti service berkala di bengkel resmi. padahal melakukan perawatan atau servis rutin di bengkel resmi merupakan hal yang sangat wajib bagi pemilik mobil. Prinsip yang harus kita pegang adalah lebih baik mencegah daripada mengobati. jadi kita tidak perlu menunggu mobil kita sampai benar-benar rusak untuk kita bawa ke bengkel. ada baiknya kita melakukan pencegahan dengan melakukan perawatan sehari-hari terhadap mobil maupun perawatan rutin bulanan.

Sebagai pemilik mobil matic kita juga wajib mengenali mobil kita secara lebih dalam. komponen-komponen di dalam mobil matic yang lebih rumit dibandingkan dengan mobil manual dan memahaminya pun agak sulit dilakukan terutama bagi orang yang awam. Namun bukan berarti kita tidak dapat mengenali mobil kita sendiri.seiring dengan berjalannya waktu apabila kita memperhatikan kita bisa mengetahui kondisi mobil kita. Kita dapat mengenali mobil kita saat sehat maupun saat terjadi gangguan.

Pastikan juga mobil kita dalam keadaan baik sebelum kita menggunakannya untuk bepergian.keadaan baik di sini dapat dilihat dari kondisi mesin maupun kondisi fisik mobil tersebut. Periksa terlebih dahulu fitur-fitur vital seperti pedal rem pedal gas tuas persneling lampu dan wiper berfungsi dengan baik. apalagi ketika kita akan melakukan perjalanan jauh seperti mudik lebaran atau pergi liburan bersama keluarga. Mulailah safety driving dari diri sendiri!