Mobil-mobil-Ini-Disulap-Jadi-Varian-Cross

Mobil-mobil Ini Disulap Jadi Varian Cross

asiandrive – Berikut adalah ulasan mengenai Mobil-mobil Ini Disulap Jadi Varian Cross .Semakin banyak mobil berbasis Multi-Purpose Vehicle (MPV) yang disulap menjadi Sport Utility Vehicle (SUV). Mobil-mobil tersebut biasanya menyandang nama Cross di belakangnya. Contohnya Mitsubishi Xpander Cross yang dibangun dari basis Xpander.

Langkah pabrikan mengubah MPV atau bahkan sedan –seperti yang dilakukan Toyota terhadap Corolla mereka– menjadi SUV karena saat ini pasar SUV sedang gurih-gurihnya. Demam SUV ini tak hanya di tanah air loh, tapi juga di dunia.

Sampai sejauh ini setidaknya ada 3 mobil yang disulap menjadi Cross atau SUV. Apa saja ketiga mobil tersebut dan apa saja ubahannya?

1. Xpander disulap jadi Xpander Cross

Xpander-disulap-jadi-Xpander-Cross

Xpander Cross diluncurkan pada 2019 lalu oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Mobil ini dikembangan dari Xpander. Namun ada ubahan di bagian eksterior, seperti bumper yang terlihat lebih macho, overfender yang terkesan tangguh, serta roof rail menjanjikan mobil ini jadi sebuah SUV.

Cukup dengan Rp10 sampai Rp14 jutaan, pecinta SUV bisa menyulap Xpander jadi Cross dengan memasang beberapa aksesoris yang plug and play.

Namun, kalau kamu ingin membeli langsung varian Xpander Cross, kamu bisa membeli mobil ini dengan opsi transmisi manual 5-percepatan seharga Rp272 jutaan atau transmisi otomatis 4-percepatan yang dibanderol Rp282 juta.

2. Toyota Corolla berbasis sedan

Toyota-Corolla-berbasis-sedan

Biasanya pabrikan lain menjadikan versi Cross dari basis mobil Multi-Purpose Vehicle (MPV). Namun berbeda dengan Toyota yang menggunakan basis sedan untuk Corolla.

Mengusung basis sedan, dikembangkan menjadi sebuah SUV anyar, karena itu Toyota menamai mobil ini Corolla Cross.

Karena basisnya dari sedan, Corolla Cross harusnya bisa lebih nyaman dibandingkan mobil-mobil yang diubah ke versi Cross dari racikan MPV.

Baca Juga : Wuling Dan Komitmennya Bersama Indonesia

3. Crossover Ertiga

ertiga-cross

Berbasis MPV Ertiga, Varian Crossover Ertiga Cross punya banyak perbedaan signifikan terutama di bagian desain.

Varian crossover Ertiga ini memperlihatkan hidung yang tegak, dan rancangan lampu utama yang berbeda dengan menggunakan DRL LEG terintegrasi.

Perubahan total lain juga ada di bumper. Kedua sisi bumper akan dapat tarikan garis ditambah dua bilah chrome lebih kecil pada bagian bawah

Sementara itu, dilengkapi side body moulding dan roof railnya yang jelas memperkuat karakter crossover ala SUV.

Mobil ini dibanderol dengan harga Rp207 juta untuk transmisi manual (MT) dan Rp237 juta untuk transmisi otomatis (AT).