Oli Mobil Ambil Peran Penting Di Mesin Mobil

Oli Mobil Ambil Peran Penting Di Mesin Mobil

asiandrive.web.id Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Oli Mobil Ambil Peran Penting Di Mesin Mobil. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Oli Mobil Ambil Peran Penting Di Mesin Mobil

Mobil adalah salah satu alat transportasi yang sering digunakan untuk berpergian baik untuk jarak dekat ataupun jauh. Banyak orang memilih untuk berkendara menggunakan mobil karena alasan keamanan dan juga kenyamanan. Tidak bisa dipungkiri jika berkendara dengan mobil jauh lebih nyaman daripada motor karena tempat duduknya yang nyaman. Tentunya hal ini berbeda dengan kita mengendarai motor yang membuat kita harus duduk tegak selama berjam-jam ketika melakukan perjalanan jauh. Selain itu, berkendara dengan mobil juga lebih nyaman karena adanya AC mobil yang membuat udara dalam mobil tetap dingin. Karenanya, kita perlu rutin ke bengkel AC mobil Palmerah untuk mengecek kondisi AC mobil dan segera memperbaikinya jika terjadi kerusakan.

Tanpa disadari, menggunakan mobil pribadi juga jauh lebih hemat daripada kita menggunakan transportasi umum ketika berpergian. Pengeluaran untuk bensin mobil seminggu bisa saja sama dengan untuk biaya menggunakan transportasi umum, terlebih jika kita memilih untuk menggunakan ojek daring (dalam jaringan). Tidak lupa alasan keamanan juga membuat banyak orang memilih untuk berkendara menggunakan mobil. Ketika menggunakan mobil, kita dapat terlindung dari cuaca yang tidak menentu baik panas matahari ataupun derasnya hujan. Tentunya kita juga perlu rutin membawa mobil kesayangan ke bengkel mobil terdekat untuk mendapatkan service sehingga kondisi sparepart lebih terjaga.

Peran Oli Mobil Juga Sama Pentingnya Dengan Komponen Mobil Lainnya, Simak Fungsi Oli Mobil Berikut!
Peran antara satu sparepart mobil dengan lainnya pun tidak bisa dipisah-pisah mengingat mereka merupakan suatu kesatuan. Misalnya saja ketika freon AC habis maka AC mobil juga akan bermasalah dan kita perlu membawanya ke bengkel AC mobil Palmerah. Sama halnya ketika rem mobil bermasalah, bisa saja terjadi permasalahan pada kondisi oli ataupun pelumasnya. Ketika kita menyadari ada sesuatu yang tidak beres dengan mobil, sebaiknya segera bawa mobil kesayangan ke bengkel mobil terdekat untuk mendapatkan service mobil.Salah satu komponen mobil yang tidak boleh dilupakan adalah oli mobil. Keberadaan oli ini menunjang performa dari mobil dan apabila mobil kekurangan oli maka dampaknya bisa fatal alias menyebabkan berbagai kerusakan. Memang apa sih sebenarnya fungsi dari oli mobil itu?

Berikut adalah penjelasan mengenai fungsi oli mobil yang perlu kita ketahui:

Mendukung performa mesin mobil
Salah satu alasan kenapa oli mobil sama pentingnya dengan AC mobil adalah karena oli juga berperan penting untuk performa mesin. Ketika oli bermasalah maka performa mobil pun juga akan terganggu, bahkan tidak jarang mobil macet di tengah perjalanan karenanya. Oleh sebab itulah kita perlu rutin ke bengkel mobil untuk mengganti oli selain ke bengkel AC mobil Palmerah yang juga sama pentingnya.

Dapat merekatkan antara satu komponen mobil dengan lainnya
Tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana sebenarnya oli bekerja dalam mobil kecuali para teknisi yang memang sudah bekerja di bidangnya dalam kurun waktu yang lama. Ternyata oli juga mampu membentuk lapisan tipis antara kedua sparepart yang bergerak dalam mobil. Adanya oli di sini berfungsi untuk meminimalisir gesekan antara kedua sparepart tersebut yang apabila terjadi berlebihan maka akan menyebabkan sparepart cepat aus atau rusak. Tidak heran jika salah satu penyebab sparepart mobil cepat rusak adalah karena kurangnya oli mobil.

Membersihkan mesin mobil
Mesin mobil yang kotor juga bisa menimbulkan masalah baru, lebih tepatnya bisa menyebabkan mobil mogok sewaktu-waktu. bahkan mobil bisa saja mogok ketika kita melakukan perjalanan jauh dan pastinya hal ini tidak diinginkan oleh siapapun. Maka dari itu, sebaiknya kita mengecek kondisi oli mobil terlebih dahulu sebelum berpergian karena oli juga mampu membersihkan mesin.Oli mampu membersihkan bagian mesin yang kecil seperti dinding silinder dari berbagai kotoran ataupun sisa karbon pembakaran. Oli yang tidak rutin diganti akan mengandung banyak karbon dan partikel logam yang bisa menyebabkan mobil mogok sewaktu-waktu.

Mendinginkan mobil
Fungsi lainnya dari oli yang tidak boleh kita lupakan adalah sebagai pendingin mobil. Bukan rahasia lagi pastinya jika mesin mobil akan memanas ketika kita baru saja menyalakannya. Bisa saja mesin mobil juga memanas apabila kita melewati banyak tanjakan ketika berpergian.Nah, salah satu fungsi oli di sini adalah untuk mendinginkan mobil alias meminimalisir risiko mobil akan mogok selama perjalanan. Oli yang bekerja di dalam mesin mampu meredam temperatur tinggi pada dinding silinder, piston, dan juga metal.

Baca Juga : Merawat Mobil Matic Tetap Prima

Masih Bingung Oli Mobil Mana yang Cocok Untuk Mobil Kesayangan? Berikut Rekomendasi Oli Mobil Terbaik Tahun 2019!
Itu dia alasan kenapa oli mobil juga berperan sanagt penting bagi kelangsungan hidup sebuah mobil, dan sebisa mungkin kita harus menjaga kondisi dari oli tersebut. Kita juga perlu rutin membawa mobil kesayangan ke bengkel mobil terdekat untuk mendapatkan layanan ganti oli. Bisa juga kita membeli sendiri oli mobil tersebut dan menggantinya secara mandiri ataupun dibantu montir. Nah berikut adalah beberapa oli mobil terbaik yang bisa kita pakai untuk mengganti oli yang sudah lama:

Oli mobil Castrol
Castrol adalah salah satu brand yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga kita yang memang sedang berburu oli mobil. Castrol Magnetic terkenal akan kandungannya yang berkualitas, bahkan oli ini sudah mengandung teknologi sintetik. Harga yang ditawarkan oli mobil castrol ini sesuai dengan kualitas yang kita dapatkan dan kita bisa mendapatkan oli ini sekitar Rp 350.000,-

Oli mobil Shell
Shell merupakan brand selanjutnya yang namanya sudah dikenal baik oleh masyarakat. Oli mobil Shell pun juga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya dan dijamin mampu melindungi mesin mobil kita dengan maksimal. Kita bisa mendapatkan oli mobil Shell ini mulai dari Rp 320.000,- saja dan harganya berbeda tergantung pada kandungan oli tersebut.

Oli mobil Liqu Moly
Meskipun harganya lebih mahal daripada kedua oli mobil yang disebutkan barusan, dijamin kita tidak akan kecewa dengan kualitas oli mobil satu ini. kita bisa mendapatkan oli mobil ini dengan harga sekitar Rp 810.000,-. Liqu Moly memberikan kita kualitas oli yang prima dan pastinya mampu menjaga suhu mesin tetap dingin. suhu mobil yang terjaga inilah akan mempengaruhi kinerja mobil secara keseluruhan. Tidak ada salahnya untuk pergi ke bengkel AC mobil Palmerah setelah mengganti oli mobil untuk memastikan jika AC mobil tidak bermasalah.

Menarik bukan oli mobil yang disebutkan barusan? Mempersiapkan biaya service mobil adalah salah satu hal yang harus kita siapkan sejak awal mengingat kita perlu rutin merawat mobil untuk meminimalisir timbulnya berbagai kerusakan. Oli mobil adalah salah satu komponen mobil yang tidak boleh dilupakan agar mobil selalu aman dan nyaman ketika digunakan berpergian. Jangan lupa untuk mampir ke bengkel AC mobil Palmerah untuk mengecek kondisi AC mobil secara berkala supaya perjalanan nyaman terasa dingin tiap waktu, ya!