Pemeriksaan Aki Dari Toyota Avanza

Pemeriksaan Aki Dari Toyota Avanza

asiandrive.web.id Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Pemeriksaan Aki Dari Avanza. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Pemeriksaan Aki Dari Toyota 

Pernahkah Anda ketika membeli aki tapi ternyata sudah soak? Padahal belum setahun aki yang Anda beli tersebut dipakai atau bahkan baru tiga bulan. Masalah ini seringkali di alami oleh para konsumen sehingga merugikannya.“Untuk tahu mana yang asli dan tidak sangat susah. Mau bagaimana caranya?,” ucap Satriawan Agung, Corporate Public Relation Officer PT Wacana Prima Sentosa, yang merupakan produsen aki Massiv.Biasanya aki yang cepat rusak merupakan aki bekas yang telah dilakukan rekondisi. Meskipun begitu, aki rekondisi juga dapat dikenali. Hal ini dikatakan oleh Technical Operational Fast Pancoran, Muksin yang akhirnya memberikan sedikit gambaran mengenai aki-aki asli yang merupakan hasil rekondisi.

“Pada umumnya aki yang merupakan hasil rekondisi terminalnya sudah tergores dan covernya nampak gembung. Selain itu, tampilan warnanya juga sudah menghitam. Kalau sudah lama tidak dipakai kan akan gembung, bai kaki basah maupun kering. Tapi kalau aki kering biasanya jarang yang rekondisi,” ucapnya.Namun, ciri yang paling mudah diketahui adalah harganya. Jika harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran, maka Anda patut curiga, apalagi ditambah dengan garansinya yang tidak akan berani memberikan dalam jangka waktu lama.“Soal harganya juga bahkan bisa setengahnya. Malahan dia bisa tahu kondisi akinya berapa persen, yang tentunya pasti akan mempengaruhi harga. Kalau kondisinya mungkin masih 80-90 persen, ya untuk harganya masih mirip-mirip dengan aki baru. Garansinya juga biasanya cuma berani ngasih tiga bulan. Kalau aki terbaru, biasanya garansi yang diberikan adalah satu tahun,” tambahnya lagi.

Siapa yang tidak kenal dengan Avanza, mobil MPV sejuta umat ini menjadi mobil yang paling banyak digemari oleh para konsumen tanah air. Dengan daya tampung kapasitasnya yang banyak serta nyaman digunakan, membuat Avanza hingga sekarang menjadi mobil pilihan keluarga untuk bepergian kemana pun. Dengan berbagai kelebihan tersebut tentu akan menjadi sia-sia jika mobil tersebut tidak dirawat dengan baik. Lalu bagaimana cara merawat mobil Avanza agar tetap nyaman digunakan?

Perawatan Mesin
Seperti mobil pada umumnya, merawat mobil Avanza juga harus merawat kondisi mesinnya. Periksalah kondisi beberapa komponen mesin mobil, seperti terminal aki, injector bahan bakar, tekanan kompresi, pengaturan desakan bahan bakar, serta jarak kepala pada sumbu busi. Untuk mencegah terjadinya masalah pada mesin mobil ini, sebaiknya Anda melakukan hal-hal di bawah ini:

Panasi mesin kendaraan Anda selama 10-15 menit sebelum Anda menggunakannya. Hal ini bertujuan untuk membuat oli mesin bekerja maksimal hingga ke celah-celah terkecil.Lakukan pergantian oli secara rutin dan teratur, selain itu gunakan oli mesin yang berkualitas tinggi.Bersihkan filter udara secara rutin agar tidak ada gumpalan kotoran pada saringan udara mesin mobil Anda yang akan mempengaruhi performa mesin.Lakukan perawatan aki mesin secara rutin dan teratur, sebab aki merupakan komponen dengan fungsi yang amat vital bagi kendaraan Anda. Jika aki mobil Anda bermasalah, maka mobil Anda tidak akan dapat berjalan.

Pastikan kondisi injector, persoalan choke dan kompresi silinder agar mesin tidak terlalu panas yang dapat menyebabkan mesin mobil mati.Periksa secara rutin air radiator apakah sudah sesuai dengan volume di dalamnya, hal ini bertujuan agar menghindari resiko mesin mobil mengalami overheating.Pergantian komponen secara berkala

Baca Juga : CRV Turbo Dan Imbalance Fiturnya

Pada mobil Avanza, ada beberapa komponen mobil yang perlu Anda ganti secara berkala, antara lain yaitu:

Sistem bahan bakar setelah menempuh jarak 1000 km setiap bulannya.Oli mesin (API SL) 10.6.Timing belt tipe EJ-VE 95.60.Pendingin mesin atau coolant.Saringan pada oli mesin.Saringan bahan bakar yang terdapat di dalam tangka.Minyak rem.Oli roda gigi differential.Oli transmisi manual.

Sistem pengapian yang terdapat pada mesin kendaraan
Untuk baterai, lakukan perawatan rutin secara berkala. Setidaknya lakukan pengecekan secara rutin pada cairan asam yang terdapat pada accumulateur mobil Anda. Jika mobil Anda menggunakan jenis baterai basah, tentu akan sangat merepotkan Anda dalam melakukan perawatannya. Akan tetapi baterai basah justru lebih teliti jika dibandingkan dengan aki kering

Bersihkan bagian interior dan eksterior
Setiap bagian mobil tentu perlu pembersihan secara rutin, terutama di bagian eksterior dan interiornya. Dengan membersihkan bagian eksterior secara rutin dapat membuat mobil Anda terlihat bersih dan menarik. Rutinlah membersihkan mobil sekali dalam seminggu dengan cara mencuci mobil menggunakan busa atau kain dengan menggunakan bahan microfiber agar tidak tergores. Dalam mencuci mobil, pastikan kondisi mesin dalam keadaan dingin, sebab jika mesin dalam keadaan panas akan membuat timbulnya bercak-bercak setelah selesai mencuci. Setelah Anda berkendara sejauh 50.000 km atau 80.000 km, gantilah ban luar mobil Anda.

Selain bagian luar, bagian interior mobil Avanza juga perlu dibersihkan. Gunakan vacuum cleaner berukuran kecil untuk membersihkan bagian interior mobil ini agar kotoran yang terdapat di bagian sudut atau bagian lain yang susah dibersihkan dapat dibersihkan secara maksimal pada bagian interior mobil Anda.

Itulah beberapa cara merawat mobil Avanza yang dapat Anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.